Kamis, 22 Oktober 2015

Cara atau Tutorial Google DRIVE



Pernah denger cloud computing? pernah ga? atau pernah ga kalian upload foto ke internet, atau menyimpannya di internet, dan kalian akan ambil atu download kapanpun dan dimanapun kalian mau, pernah nggak? kalau pernah, berarti kalian pernah melakukan cloud computing
cloud computing adalah "gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud)dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.[1] Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), [2] sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet ("di dalam awan") [3] tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.[4] Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing "Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain" sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan

jadi gitu, udah ngerti? nah, salah satu penyedia layanan itu ada google drive,drop box, asuscloud, dan masih bnayak lagi, kebetulan yang kita bahas adalah Google drive, Bagaimana sih cara memakai google drive? kalau ga mau capek capek baca, nonton aja nih video.. 



ngerti? bahasa inggris soalnya hehe, tapi ada gambaran kan,oke, sekarang akan kita bahas cara menggunakan google drive
eh, sebenarnya kalau ga mau capek capek baca, langsung aja buka google drive di google langsung, ntar juga dikasih tau caranya lebih simple lagi , disini

tapi karna ini berhubung versi tugas, jadi ini step by stepnya


Use Google Drive Step 1 Version 2.jpg
1
Masuklah ke Google Drive dengan akun Google Anda. Jika Anda belum memiliki akun Google, Anda bisa membuatnya secara gratis. Google Drive memungkinkan Anda menyimpan berkas Anda di internet, juga membuat dokumen serta form melalui antarmuka webnya.

  1. Use Google Drive Step 2 Version 2.jpg
    2
    Tambahkan berkas pada akun Google Drive Anda. Ada dua cara untuk menambahkan berkas pada akun Anda. Anda bisa membuat dokumen langsung di Google Drive, atau Anda bisa mengunggah berkas dari komputer Anda. Untuk membuat berkas baru, klik tombol CREATE. Untuk mengunggah, pilih ikon panah atas di sebelah tombol CREATE.
    1. Use Google Drive Step 3 Version 2.jpg
      3
      Ubahlah cara sortir berkas di akun Anda. Anda bisa memilih untuk menampilkan berkas dengan ikon besar (Grid) atau sebagai gambar (List). Modus List akan memperlihatkan sekilas siapa pemilik berkas, dan kapan berkas tersebut terakhir diubah. Modus Grid akan menampilkan pratinjau laman pertama berkas. Anda bisa mengganti modus ini dengan menekan tombol di sebelah tombol gigi roda bagian kanan halaman.

    1. Use Google Drive Step 4 Version 2.jpg
      4
      Gunakan bilah navigasi di bagian kiri untuk mengakses berkas Anda. "My Drive" adalah lokasi dimana berkas dan folder unggahan Anda disimpan. "Shared with Me" adalah berkas yang dibagi-pakai dengan Anda oleh pengguna Drive lain. Berkas "Starred" adalah berkas yang Anda tandai sebagai berkas penting, dan "Recent" menampung berkas-berkas yang baru Anda sunting.
      • Anda bisa menarik dan menjatuhkan berkas dan folder pada Drive untuk mengaturnya sesuai keperluan Anda.
        Use Google Drive Step 4Bullet1.jpg
      • Klik kotak cek untuk memilih beberapa berkas dan folder. Anda kemudian dapat melakukan aksi pada berkas terpilih dengan memilih tombol pada bagian atas halaman. Jika Anda menggunakan tampilan ikon/Grid, kotak cek akan muncul saat Anda mengarahkan kursor Anda pada dokumen. Ada beberapa opsi yang tersedia di bawah "More".
        Use Google Drive Step 4Bullet2.jpg
      • Klik ikon folder bertanda "+" untuk membuat folder baru di Google Drive Anda. Anda bisa membuat folder di dalam folder untuk mengatur berkas Anda.
        Use Google Drive Step 4Bullet3.jpg


  1. Use Google Drive Step 5 Version 2.jpg
    5
    Lakukan pencarian berkas. Anda bisa mencari dokumen atau folder di Google Drive Anda dengan bilah pencarian di bagian atas halaman. Google Drive akan mencari berkas berdasarkan judul, konten dan pemilik berkas. Jika sebuah berkas memiliki/mengandung kata yang sama dengan kata yang dicari, berkas tersebut akan muncul di bawah bilah pencarian selagi Anda mengetik, jadi Anda bisa memilihnya dengan cepat.
Use Google Drive Step 6 Version 2.jpg
6
Unduhlah Google Drive untuk perangkat Anda. Anda bisa mengunduh Google Drive untuk perangkat Android atau iOS, yang memungkinkan Anda mengakses berkas melalui perangkat tersebut. Aplikasi ini bisa diunduh di toko aplikasi Anda (Play Store atau iTunes), namun mungkin tidak memiliki fitur penyuntingan yang sama seperti di komputer. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar